The Words (2012) Review

Hmmm, tidak ada misterinya, lol. Kunanti-nanti cerita besar, tapi ternyata tak kunjung datang jua ck ck ck. Beberapa bagian dibiarkan mengambang entah disengaja atau tidak disengaja, tapi sayang tidak menimbulkan ketertarikan/rasa penasaran tingkat tinggi; aku hanya: “Oh, gitu aja. Ok.”

Eh, tunggu, ada satu yang membuatku penasaran: detail cerita yang ditulis sang penulis asli. Aku ingin tahu kalimat per kalimat yang membuat “penulisnya” mendapatkan penghargaan itu. Sayangnya tak ditunjukkan! Hanya beberapa penggalan kata, ugh.

Di bagian terakhir Clay berkata:

You have to choose between life and fiction. The two are very close but they never actually touch. They are two very, very different things.

Wah, ada apa ini? Kayaknya bakal ada cerita yang mengejutkan. Ternyata tidak. Film langsung ditutup dengan sebuah flashback dan ekspresi seorang Clay yang memberikan peneguhan bahwa orang-orang di dalam bayangan itu adalah dia dan isterinya sendiri. Sigh, benar-benar tidak konsisten dan sangat dipaksakan! Perkataan Clay tadi pun menjadi tampak seperti angin lalu atau sebuah pengelakan tiada arti untuk menutupi cerita sebenarnya.

Kalau memang mau menghadirkan sebuah jawaban ambigu, tiap makna yang diberikan harus sama kuat. Yang terjadi pada film ini adalah sebaliknya. Itu sama seperti memberikan argumen lemah dalam sebuah perdebatan.

Selanjutnya, jika kebanyakan film misteri lain menyuguhkan apa yang kita lihat belum tentu sama dengan yang terjadi, justru film ini menyuguhkan apa yang kita lihat itulah jawabannya, lol.

Walaupun demikian, aku salut dengan rasa pedih yang disampaikan. Rasa pedih seorang penulis terkenal yang harus memendam rasa bersalahnya selama bertahun-tahun lamanya. Angkat jempol buat Dennis Quaid atas akting brilliantnya. Kontak matanya benar-benar top! Akting para aktor lainnya juga mantap, kecuali yang memerankan Celia.

Jadi, kesimpulanku film ini gagal sebagai film misteri, namun sangat berhasil sebagai film drama.

Rate: 7/10

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s