The Dressmaker (2015) Review

Awal film dibuka dengan bird’s eye shot yang keren sumpah. Hati menjerit “Wow!” dengan mata berkaca-kaca. Suguhan yang memukau dan fresh dari cinematographer Donald McAlpine yang pernah juga terlibat mengerjakan Romeo Juliet (1996) dan The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe (2005). Belum habis terpesona dengan cinematography kece, disambut lagi dengan ucapan Tilly (Kate Winslet) yang bikin greget seraya mengisap sebatang rokok saat kembali ke kampung halamannya, sebuah kota kecil di Australia, untuk mengurus ibunya, Molly (Judy Davis), yang kurang sehat:

“I am back you *******”

Whoa, terdengar seperti ucapan balas dendam.

Yep, benar. Film ini menceritakan pembalasan dendam seorang designer cantik dan pencariannya akan kebenaran. Kebenaran atas sebuah kasus kematian seorang bocah laki-laki, Stewart Pettyman (Rory Potter), yang membuatnya menjadi tersangka pembunuhan. Kematian bocah ini pun dipercaya Tilly membawa kutuk bagi dirinya.

Singkat cerita, misteri kematian terungkap dan Tilly berhasil melaksanakan misi balas dendamnya. Keberhasilan ini didukung oleh skill yang dimilikinya sebagai seorang designer atau pembuat baju (dressmaker).

Gue suka dengan selera unik Jocelyn Moorhouse mulai dari mempertontonkan wanita-wanita biasa bergaun haute couture di kota kecil sampai kepada memperdengarkan dialog-dialog nyentrik, salah satunya:

Murderer and Lesbian

Selera unik Moorhouse lainnya adalah mempertemukan dua pemain yang cukup jauh perbedaan umurnya, Kate Winslet (40 tahun) dan Liam Hemsworth (26 tahun). Meski sedikit risih melihat perbedaan ini, namun cukup lega keduanya bisa bermain dengan baik.

Andaikan lawan Tilly bisa lebih garang dan menantang, dalam hal ini Una Pleasance (Sacha Horler) yang juga seorang dressmaker, film ini pasti akan semakin seru.

Rate: 8/10

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s