The Big Short (2015) Review

Buset dah film berat nih. Makanan anak ekonomi, lol. Banyak istilah-istilah alien. Hipotek, subprime loan, obligasi, credit default swap (CDS), ISDA, AAA, BBB, collateralized debt obligation (CDO), tar ada lagi synthetic CDO.

Astaga!

Tapi tenang aja karena bakal ada “malaikat-malaikat penolong” yang ngebantu nerangin istilah-istilah itu, mulai dari Margot Robbie yang cuek sampe Selena Gomez yang rada gugup depan kamera. Munculnya tepat waktu, walau kadang ngagetin dan ngeselin. Seolah-olah sutradara Adam McKay tahu kapan penontonnya kebingungan dan hilang arah. McKay emang ngerti bener kalau yang nonton film ini kebanyakan orang-orang “bego” yang gak ngerti ekonomi. HAHAHA. No offense, gue juga bukan anak ekonomi.

Bukan hanya punya kemampuan mengetahui kekurangan penonton, McKay juga punya kemampuan directing yang kece. Gue suka sekali adegan-adegan waktu pemainnya menghadap kamera dan ngomong langsung ke penonton. Ajib!

Film yang disutradarai McKay ini berdasarkan kisah nyata yang menceritakan kolapsnya perekonomian Amerika dan sebelum hal itu terjadi sudah ada orang yang memprediksinya. Siapakah orang pintar ini? Dia adalah Dr. Michael Burry (Christian Bale) yang menderita cacat mata sebelah kiri. Mari kita pajang foto aslinya (jarang-jarang gue ngelakuin ini).

michael burry

Credit to: photographer Jim Spellman

Masih muda dan lumayan ganteng. 44 tahun. Gue kira dah kakek-kakek.

Berikut gambar Bale saat memerankan Burry.

christian bale - michael burry

Gue kagum sama Bale. Karakter “sejelek” apapun dia sikat. Mau gemuk kek, kerempeng kek, berotot kek, Bale selalu tampil total. Gue sangat mengapresiasinya!

Oke, lanjut ke cerita. Burry lalu temukan ide brilliant bahwa dia bisa dapat keuntungan dari bencana perekonomian tersebut. Caranya melalui CDS. But you know what? Ide brilliant ini dianggap stupid oleh banyak orang. Sampe-sampe dia ditertawakan, dimarahi, dan dimaki. Ide gila ini pun sampe ke telinga Jared Vennett (Ryan Gosling), Mark Baum (Steven Carell), dua orang investor muda, Charlie Geller (John Magaro) dan Jamie Shipley (Finn Wittrock), yang gak sengaja menemukan surat Vennet. Mereka lalu putuskan untuk terlibat dalam CDS.

Gue suka orang-orang gila ini, makin semangat nonton filmnya.

Akhirnya apa? Lo bisa tebak dong apa yang terjadi pada orang-orang gila ini. Yes! Kaya raya! Tapi, gimana perasaan lo saat lo kaya raya, sementara banyak orang kehilangan rumah dan perkerjaan. Bukan hanya ratusan, tapi jutaan bro! Hmm, sedih! Mungkin ini pesan moral yang patut kita renungkan bersama.

Rate: 8/10

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s