Batman v Superman: Dawn of Justice (2016) Review

Belum cukup dikejutkan dengan kematian Gwen Stacy (Emma Stone) di film superhero yang lain, kali ini kita dikejutkan lagi dengan kematian seorang tokoh penting di film superhero ini. Kematian yang lumayan bikin kesal.

Judul yang menggugah tidak semenggugah isinya. Pertarungan antara Batman (Ben Affleck) dan Superman (Henry Cavill) hanya merupakan pertarungan bodoh menggelitik antar dua anak mami yang mau-maunya dipermainkan oleh si licik Lex Luthor (Jesse Eisenberg). Kita sependapat dengan Alfred (Jeremy Irons) bahwa Batman tidak bakal menang melawan Superman sekalipun punya teknologi canggih, KECUALI jika ia mengggunakan kryptonite, mungkin ada sedikit kesempatan ke sana. Akan tetapi Batman yang keras kepala dan sedikit kelihatan tolol di film ini tetap saja mewujudkan niatnya. Sebenarnya gue tidak benci Batman, tapi jika perlu disandingkan lawan manusia yang lebih setimpal buat Superman masih dipegang oleh Luthor. Terus terang, khusus di film ini gue lebih suka Bruce Wayne tanpa topeng dan kostum kelelawarnya. Sayang sekali Affleck kebagian cerita yang blah. Sekali lagi bukan Afflecknya, tapi ceritanya yang kurang mendukung.

Pertarungan yang menarik adalah antar Superman, Batman, dan Wonderwoman (Gal Gadot) melawan monster raksasa, Doomsday. Di sini pun, Batman tidak kebagian adegan yang bagus. Yang mencuri perhatian adalah Gadot dengan kostum Wonder Woman yang sangat pantas untuknya. Ini membuat gue pengen segera melihat dia di film sendiri, khusus Wonder Woman. Kita tunggu 2017. Penampilan dia di film ini benar-benar ngobatin setelah Gisele di Fast & Furious yang lembek dan membosankan.

Tokoh wanita lainnya yang bermain bagus adalah Amy Adams sebagai Lois Lane. Perbedaan usia yang jauh 9 tahun antara Cavill dan Adams sedikit bikin risih, tapi gue masih lebih suka pasangan ini ketimbang Brandon Routh dan Kate Bosworth.

Akhirnya, meski kecewa dengan adegan baku hantam Batman vs Superman yang tidak memenuhi harapan, namun gue cukup bahagia dengan cinematography, special effect dan editing film yang oke punya serta musik latar yang pas penggunaan dan penempatannya. Banyak yang megkritik betapa darknya tone film ini, tapi bagi gue tidak masalah.

Rate: 7/10

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s