Kill Your Friends (2015) Review

Obat terlarang, obat terlarang dan obat terlarang. Bisakah orang-orang sinting ini hidup tanpa obat terlarang? Tampaknya efek jahat obat terlarang tidak begitu kelihatan secara fisik pada mereka para pecandu. Tidak di film ini. Muka tetap segar, kulit bagus, badan fit, bahkan ada pula yang tambun. Jangan harap ketemu sosok seperti Lindsay Lohan. Tapi sekali lagi, ini cuma terjadi di dalam film.

Obat terlarang jadi primadona di Kill Your Friends. Pemeran utama, Steven Stelfox (Nicholas Hoult), seorang psikopat yang cerdas dan ambisius akan mengucapkan deretan panjang nama-nama obat terlarang tatkala ia sedang terhimpit dalam masalah. Stelfox merupakan karakter yang terinspirasi dari Don Simpson, seorang aktor, penulis skenario dan produser film yang meninggal pada 19 Januari 1996 karena gagal jantung akibat pemakaian obat terlarang.

Kill Your Friends yang mirip dengan American Psycho (2000) ini adalah film black comedy adaptasi novel berjudul sama karangan John Niven, yang juga merupakan penulis skenario film ini, dengan latar belakang London tahun 1990-an, sebuah era saat musik Britpop mendominasi musik industri, era Cool Britannia. Tak heran Niven yang pernah bekerja pada The Levy Brothers dalam bisnis musik 90-an mampu menggambarkan dengan seksama suasana perindustrian musik pada saat itu melalui tulisannya.

Film ini membeberkan sisi gelap musik industri dan kebusukan orang-orang yang bekerja di dalamnya, orang-orang yang rakus akan jabatan dan uang. Tak peduli kualitas artis dan musik adalah kualitas sampah, tak peduli lirik lagu cuma beberapa penggalan kata dan cabul, selama memberi keuntungan kepada perusahaan, akan tetap masuk dapur rekaman. Ya, keuntungan adalah nomor satu.

Tampil sebagai seorang pemuda berusia 27 tahun, bekerja di bidang A&R (Artists and repertoire), percaya diri, dan sering curhat langsung ke penonton di depan kamera, Stelfox akan melakukan apapun demi hit record berikutnya, termasuk membunuh “teman-temannya” yang menghalangi jalannya. Beberapa kali kita akan diperlihatkan adegan Stelfox membaca buku bersampul merah yang berjudul Unleash Your Monster. Sekarang kita tahu kepada siapa ia berguru. Stelfox merupakan versi lembut Patrick Bateman (Christian Bale) di American Psycho.

Salah satu lawan main Hoult, Georgia King, memerankan Rebecca sekretaris Stelfox yang ramah. Suaranya yang manis dan lembut bagi telinga membuat nostalgia dengan penampilannya di Wild Child (2008). Di balik sikapnya yang manis ternyata Rebecca memiliki sisi gelap juga.

Dunia musik industri menyimpan banyak hal yang tidak banyak orang awam tahu dan langkah aman adalah tidak percaya siapapun. Penampilan luar bisa membutakan. Kira-kira itu pesan yang disampaikan dalam film ini.

Meski mudah ditebak, film ini tetap asyik ditonton. Kill Your Friends berhasil menciptakan ketegangan yang grafiknya makin lama makin naik dilengkapi dengan aksi potong daging manusia yang bikin mual dan soundtrack dari lagu-lagu milik Oasis, Blur dan Radiohead menjadikannya film bergenre thriller yang memuaskan.

Rate: 8/10

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s