The Ones Below (2015) Review

What you think you saw…you didn’t see

Itulah yang terjadi di film thriller karya David Farr ini.

The Ones Below mengisahkan sepasang suami isteri Justin (Stephen Campbell Moore) dan Kate (Clémence Poésy) yang menantikan kelahiran bayi pertama mereka dan sepasang suami isteri lain yaitu tetangga yang tinggal tepat di bawah flat mereka Jon (David Morrissey) dan Theresa (Laura Birn) yang juga menantikan seorang bayi.

Awalnya baik-baik saja hingga terjadi sebuah kecelakaan kecil yang menyebabkan Theresa harus kehilangan bayinya. Theresa dan Jon pun menyalahkan Kate dan Justin sebagai penyebab kecelakaan itu. Kata Theresa kepada Kate:

You don’t deserve that thing inside you

Pernyataan mengerikan yang langsung menghubungkan kita pada adegan awal saat bayi Kate memperlihatkan wajahnya di sonogram diiringi musik mellow bernuansa horror. Wajah bayi yang tidak biasa. Wajah menyeramkan.

Keadaan semakin buruk setelah Kate melahirkan bayinya. Beberapa kali Kate melihat langsung perlakuan Theresa yang tidak wajar terhadap bayinya. Justin yang menyangka Kate sakit jiwa tidak percaya apa yang Kate tuduhkan kepada tetangga mereka. Di lain pihak, Jon dan Theresa selalu siaga menghapus segala barang bukti.

The Ones Below menggabung dua dunia yang berbeda dalam satu film. Warna gelap dan warna terang. Sendu dan ceria. Glamor dan sederhana. Suami yang transparan dan suami yang misterius. Isteri yang frustrasi dan isteri yang percaya diri.

Warna-warna kontras memberi feel seolah-olah penonton sedang menyaksikan dua buah film.

Akhir cerita menghantar penonton pada puncak ketegangan, kekesalan dan keputusasaan, sampai terjadi twist yang memberi kejutan. Farr pun sengaja meninggalkan pertanyaan kepada penonton untuk dijawab sendiri.

Rate: 7/10

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s